Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hujan Membuat Flu Memang Benar

Di tengah musim hujan seperti ini, tentunya Anda pasti pernah mengalami satu kejadian yang mengharuskan Anda untuk hujan-hujanan. Banyak pendapat atau bahkan mitos yang menyebutkan bahwa hujan-hujanan mampu membuat Anda terserang flu, demam, dan meriang. Nyatanya, seperti dilansir dari dailymail.co.uk, hal tersebut bukanlah mitos.

Penelitian yang dilakukan di Yale University ini menemukan bahwa hujan dan udara lembab akan meningkatkan jumlah dan kekebalan virus. Saat virus masuk ke dalam hidung, maka sistem kekebalan Anda yang sedang tidak fit mampu membuat Anda flu dan demam.

"Udara dingin yang membuat suhu tubuh Anda menurun saat hujan-hujanan mampu menjadi tempat favorit bagi para kuman penyakit untuk berkembang. Itulah sebabnya tidak jarang Anda menemukan banyak orang yang kemudian terserang pilek di musim hujan," terang penelitian ini. "Untuk mencegah agar kesehatan tubuh Anda tidak tumbang, tentu saja Anda harus memiliki sistem kekebalan tubuh tinggi. Makan makanan sehat serta tidur cukup mampu menjadi penangkalnya."