Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hotel Yang Dijalankan Robot Dan Teknologi Canggih

Huis Ten Bosch, sebuah theme park di Sasebo, Nagasaki, Jepang, telah mengumumkan rencana mereka untuk membuka sebuah hotel yang dijalankan oleh robot dan teknologi canggih lainnya.

Hotel tersebut akan diberi nama Henn-na Hotel, yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti hotel aneh. Seperti dikutip dari CNN, Huis Ten Bosch mengatakan bahwa mereka akan membuka lantai pertama dari hotel dua lantai tersebut pada 17 Juli mendatang. Lantai pertama akan memiliki 72 kamar, sementara lantai kedua yang akan selesai pada tahun 2016 juga mempunyai 72 kamar.

Dengan moto "Sebuah komitmen untuk evolusi," hotel ini akan menampilkan tiga actroids - robot dengan rupa manusia - yang akan bertindak sebagai resepsionis. Hotel ini juga akan mempekerjakan empat pelayan dan porter robot. Tugas membersihkan hotel juga akan dikerjakan oleh robot.

"Kami akan membuat hotel paling efisien di dunia," kata presiden Huis Ten Bosch, Hideo Sawada.

Dia berharap bahwa robot akan mengambil alih 90 persen pekerjaan di hotelnya. Menurut Nikkei News, di masa depan, Hideo berharap bisa membangun 1.000 hotel serupa di seluruh dunia.

Untuk membuat hotel ini menjadi hotel paling futuristik di dunia, semua pintu kamar akan dipasang teknologi pengenalan wajah. Alih-alih menggunakan AC, Huis Ten Bosch lebih memilih untuk memasang panel radiasi yang dapat mendeteksi panas tubuh orang di kamar dan kemudian menyesuaikan suhunya.

Tenaga surya dan fitur hemat energi lainnya juga akan digunakan untuk mengurangi biaya operasional. Harga kamar sendiri dibuat bervariasi tergantung pada permintaan tamu.

Pihak Huis Ten Bosch mengatakan bahwa biaya kamar di Henn-na Hotel akan dibanderol mulai dari 7.000 yen (Rp 742.954) hingga 18.000 yen (Rp 1,9 juta) per kamar. Kamar superior dan deluxe tentunya akan dihargai lebih mahal.