Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pangeran Albert dari Monako

Pangeran Albert dari Monako akhirnya meneguhkan sumpah setia bersama Charlene Wittstock, mantan atlet renang Olimpiade, dalam sebuah upacara keagamaan yang digelar pada Jumat, 1 Juli, di Place du Palais, Monako. Upacara ini dilangsungkan tepat sehari setelah keduanya menikah secara sipil di tempat yang sama.

Perkawinan dihadiri sekitar 3.500 tamu termasuk para pemimpin negara sahabat serta pesohor dunia. Seperti diberitakan kantor berita BBC, hajatan itu seolah membantah pemberitaan media Prancis yang menyebutkan bahwa Wittstock sempat ingin membatalkan pernikahan itu.

Walau Pangeran Albert dikenal luas telah memiliki dua orang anak, pernikahan itu adalah yang pertama kalinya.

Dalam acara itu, Pangeran Albert telah ada di lokasi lebih dulu. Sementara itu, sang istri, yang tampak anggun dalam gaun pengantin rancangan Giorgio Armani, datang belakangan sekitar pukul 5 sore waktu setempat.

Pernikahan dilangsungkan dengan cara Katolik Roma. Kedua mempelai bergantian mengucap janji setia sebelum akhirnya bertukar cincin.

Usai acara, pasangan baru ini menuju Opera de Monte Carlo guna mengikuti jamuan makan malam yang hidangannya dipersiapkan oleh Alain Ducasse, seorang koki kelas dunia. Pesta kembang api turut menjadi penghiburan.

Perhatian publik dunia pada kerajaan Monako mulai tumbuh sejak April 1956. Pemimpin Monako saat itu, Pangeran Ranier III, menikahi seorang aktris Hollywood, Grace Kelly. Pangeran Albert beserta dua saudaranya, Putri Caroline dan Putri Stephanie, adalah anak-anak dari pasangan ini.

Pangeran Albert dan Charlene Wittstock pertama kali bertemu pada sebuah kejuaraan renang di Monako pada 2000. Wittstock saat itu masih menjadi atlet renang mewakili Afrika Selatan. Pasangan ini lantas mengumumkan pertunangan mereka musim panas lalu.

Sejumlah tokoh yang tampak hadir di antaranya Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, Raja Gustaf, dan Ratu Silvia dari Swedia, model kenamaan Naomi Campbell, serta pebisnis andal Inggris, Richard Branson, dan Armani.

Pangeran William dan Catherine yang juga baru menikah tak tampak di antara para undangan karena sedang melakukan lawatan kenegaraan ke Kanada. Demikian informasi dari Blog Berita yang berjudul Pangeran Albert dari Monako.