Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cortana Siap Mengambil Alih komputer Didunia

Di perang asisten pribadi, Siri dari Apple lebih dulu menarik minat publik di lewat kehadirannya di iPhone. Kini pesaing Siri dari Microsoft, Cortana, siap mengambil alih pusat perhatian dengan menguasai lini komputer dunia.

Saat mengumumkan kehadiran Windows 10 di markas mereka, Redmond, Microsoft ikut memperkenalkan versi baru dari Cortana. Vice president dari divisi operating systems Microsoft, Joe Belfiore, kemarin didapuk sebagai sosok pertama yang memperlihatkan kecerdasan Cortana pada dunia.

Belfiore menunjukkan bila Cortana tidak hanya cerdas, namun lebih manusiawi dan mempunyai kepribadian.

Ya, salah satu kehebatan terbaru Cortana adalah memberikan komentar pribadinya pada sesuatu, misalnya karakter film Star Wars. Kemampuan ini memberikan pendapat ini adalah sebuah hal yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh manusia.

Kepribadian Cortana menambahkan keunggulan asisten pribadi digital yang membuatnya lebih baik dari Siri. Apalagi, Cortana juga bisa mempertimbangkan hal-hal yang disukai pengguna seperti buku, tempat, makanan favorit dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna.

Saking cerdasnya, Cortana dapat merespon perintah berupa ucapan bahkan mengambil data dari penyimpanan awan Microsoft alias OneDrive.

Kabar baiknya yang tidak boleh terlewatkan adalah kompatibilitas baru Cortana. Bila sebelumnya Cortana hanya bisa dipakai di smartphone atau gadget mobile, maka kini Cortana bisa dipakai di komputer dan laptop.

Ya, Microsoft sudah membuat versi dekstop dari asisten pribadi digital mereka itu. Yang tak kalah mengejutkan adalah nantinya saat menggunakan Windows 10, Anda bisa menggunakan Cortana saat membuka browser di komputer! Sepertinya di masa depan kita akan lebih sering mengucapkan kalimat 'Hi Cortana'.