Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur

Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur untuk membangun timbangan portable masih belum bisa terealisasi karena masih harus menunggu izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) OKU Timur Syafri Pringga Yudha kemarin mengungkapkan, secara lisan, Direktur Lalu Lintas Angkutan Darat sudah setuju dengan rencana pembangunan timbangan portable. Namun, hingga kini belum ada surat resmi sehingga belum bisa dilaksanakan.

“Kita belum menerima surat resmi. Namun, jika timbangan portable itu sudah ada, besar sekali manfaatnya,”ujar dia. Rencananya, dengan dibangunnya timbangan portable ini, diharapkan mampu mengantisipasi dan mengurangi kerusakan jalan yang ada di Kabupaten OKU Timur, baik jalan milik kabupaten maupun provinsi.

Selama ini faktor penyebab terjadinya kerusakan jalan akibat sering dilintasi kendaraan angkutan yang bermuatan melebihi tonase. Namun, dengan timbangan portable, akan diketahui berat kendaraan yang melintas.

”Timbangan kita bangun di empat titik ruas jalan yang digunakan untuk keluar masuk OKU Timur, di simpang Kurungannyawa Rasuan, BK 10 Gumawang–Asuan, Petanggan– Betung, dan jalur Kemuning– Tugumulyo,”sebutnya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur Herman Deru menjelaskan, untuk mengantisipasi kerusakan ruas jalan di OKU Timur, Pemkab akan membangun timbangan portable di beberapa titik. Tujuannya, tidak lain untuk mencegah kerusakan jalan yang diakibatkan angkutan barang yang melebih tonase.

”Kita sudah mengajukan pemberitahuan kepada Kementerian Perhubungan untuk pembangunan timbangan portable,”pungkas Deru. Demikian informasi dari Blog Berita yang berjudul Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur.